Pembuka Pintu dengan Ketukan
Sistem Pembuka Pintu Dengan Ketukan
Dananjaya
Rakan Unif Putra1, Muhammad Kevin Mubarok2, Verdian Bagus Saputra3, Samuel BETA4 Prodi
Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektronika Politeknik Negeri Semarang Jl. Prof. H. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, 50275
E-mail : 1 dananraka8@gmail.com,
2 muhkevinmub@gmail.com, 3 verdianbagussaputra@rocketmail.com, 4 sambetak2@gmail.com
Intisari - Untuk mengamankan sebuah rumah maka dibuat pintu dengan pengaman dan
pengganti password Maka dalam
proyek ini dibuatlah pembuka
gerendel pintu dengan sensor ketukan piezoelektrik berbasis Arduino menggunakan masukan Joystick, serta
luaran LCD, sebuah
motor servo dan RGB LED. Joystick
digunakan untuk mengeset password.,piezo elektrik digunakan sebagai masukan password, LCD untuk menampilkan kode angka saat mengeset password. Motor Servo digunakan sebagai penggerak gerendel Sedangkan Arduino sebagai kontroler dan pemroses sinyal.
1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Suatu rumah atau ruangan pasti memiliki sebuah pintu. Rata – rata pintu rumah menggunakan kunci gerendel dan dibuka secara manual dan kurang aman. Namun saat ini, banyak kemalingan akibat kurang telitinya saat mengunci pintu. Selain itu kunci rumah sering kali hilang atau lupa menaruhnya sehingga rumah dapat kemalingan.Seiring berjalannya waktu, saat ini pengunci mengalami perubahan dalam hal pengamannya. Kemudian dibuatlah pengunci pintu pint menggunakan password berbasis Arduino untuk memudahkan orang-orang dalam menjaga rumah.membuka pintu. Untuk membuka pintu pemilik harus mengetuk pintu untuk membuka gerendel pintu.Dengan menggunakan pegunci pintu berbasis Arduino ini orang-orang tidak perlu khawatir lupa mengunci pintu atau kemasukan orang yang tidak bertanggung jawab.
1.2 Tujuan
Tujuan pembuatan alat ini adalah :
1. Sebagai modul pembelajaran.
2. Sebagai alat pengaman pintu rumah dengan pengunci otomatis.
1. Sebagai modul pembelajaran.
2. Sebagai alat pengaman pintu rumah dengan pengunci otomatis.
1. Bagaimana cara kerja sensor ketukan(piezo elektrik).
2. Bagaimana mengatur password dengan analog joystick?
2. Bagaimana mengatur password dengan analog joystick?
3. Bagaimana menampilkan tulisan pada LCD 16x2?
1.4 Pembatasan Masalah
1. Perancangan perangkat keras menggunakan Arduino Uno,Sensor Ketukan,Analog,
Joystick,Limit Switch, Motor Servo, LCD 16x2, dan RGB LED (4).
Joystick,Limit Switch, Motor Servo, LCD 16x2, dan RGB LED (4).
2. Sensor Ketukan yang digunakan adalah piezo elektrik.
3. Sandi terdiri dari 3 digit dan maksimal nilai angka adalah 5
3. Sandi terdiri dari 3 digit dan maksimal nilai angka adalah 5
2. Tinjauan Pustaka
Untuk mengetahui berbagai
komponen dan peralatan yang dibutuhkan, maka disusunlah tinjauan pustaka
sebagai acuan dalam merancang dan membuat aplikasi menggunakan Arduino UNO ini.
A. Piezo Elektrik
Bahan piezoelektrik adalah suatu bahan yang apabila
diberi stress (tekanan) mekanik akan menghasilkan medan listrik
sebaliknya apabila medan listrik diterapkan pada bahan piezoelektrik akan
terjadi deformasi mekanik atau perubahan dimensi bahan. Salah satu bahan yang
mempunyai efek piezoelektrik ini adalah Quartz Crystal.
Pada rangkaian ini piezo difungsikan sebagai masukan pada pintu
yaitu sebagai sensor ketukan untuk memasukan password..
Gambar 1. Piezo
Elektrik
Joystick adalah alat input komputer yang berwujud
tuas atau tongkat dan dapat bergerak ke segala arah.Gerakan kursor dikendalikan
oleh gerakan tuas/tekanan pada tuas
dan terdapat tombol yang dapat dipilih atau diasoasikan dengan papan ketik. Kegunaan dan fungsi joystick:
1. Pelengkap untuk memainkan permainan video yang
dilengkapi lebih dari satu tombol.
2. Untuk megontrol permainan video.
3. Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin mesin seperti pada kursiroda bermotor
C. LED RGB
LED RGB adalah LED yang berisikan tiga warna LED yang terintegrasi
menjadi satu lampu LED. LED RGB mengandung warna RED (merah), GREEN (hijau),
dan BLUE (biru). Dengan tiga warna ini, Anda bisa membuat berbagai macam
kombinasi warna.
D. LCD
(Liquid Crystal Display)
LCD (Liquid Crystal Display)
adalah suatu jenis media tampil yang menggunakan kristal cair sebagai penampil
utama. LCD sudah digunakan diberbagai bidang misalnya alal–alat elektronik
seperti televisi, kalkulator, atau pun layar komputer. Pada postingan aplikasi
LCD yang digunakan ialah LCD dot matrik dengan jumlah karakter 2 x 16. LCD
berfungsi sebagai penampil yang nantinya akan digunakan untuk menampilkan
status kerja alat.
Adapun fitur yang disajikan dalam
LCD ini adalah : a.Terdiri dari 16 karakter dan 2 baris. b.Mempunyai 192
karakter tersimpan. c.Terdapat karakter generator terprogram. d.Dapat dialamati
dengan mode 4-bit dan 8-bit. e.Dilengkapi dengan back light.
Gambar 4.
Bentuk Fisik LCD 16 x 2
E.
I2C (Inter Intergrated Circuit)
Inter
Integrated Circuit atau sering disebut I2C
adalah standar
komunikasi serial dua arah menggunakan dua saluran yang didisain khusus untuk
pengontrolan IC. Sistem I2C terdiri dari saluran SCL (Serial Clock) dan
SDA (Serial Data) yang membawa informasi data antara I2C dengan
pengontrolnya. Piranti yang dihubungkan dengan sistem I2C Bus dapat
dioperasikan sebagai Master dan Slave. Master adalah
piranti yang memulai transfer data pada I2C Bus dengan
membentuk sinyal Start, mengakhiri transfer data
dengan membentuk sinyal Stop, dan membangkitkan sinyal clock. Slave adalah
piranti yang dialamati master.
Sinyal Start merupakan sinyal untuk memulai semua perintah, didefinisikan sebagai perubahan tegangan SDA dari “1” menjadi “0” pada saat SCL “1”. Sinyal Stop merupakan sinyal untuk mengakhiri semua perintah, didefinisikan sebagai perubahan tegangan SDA dari “0” menjadi “1” pada saat SCL “1”.
Sinyal Start merupakan sinyal untuk memulai semua perintah, didefinisikan sebagai perubahan tegangan SDA dari “1” menjadi “0” pada saat SCL “1”. Sinyal Stop merupakan sinyal untuk mengakhiri semua perintah, didefinisikan sebagai perubahan tegangan SDA dari “0” menjadi “1” pada saat SCL “1”.
F. Motor Servo
Motor servo adalah sebuah perangkat atau aktuator putar (motor) yang
dirancang dengan sistem kontrol umpan balik loop tertutup (servo), sehingga
dapat di set-up atau di atur untuk menentukan dan memastikan posisi sudut dari
poros output motor. Motor servo merupakan perangkat yang terdiri dari motor DC,
serangkaian gear, rangkaian kontrol dan potensiometer. Serangkaian gear yang
melekat pada poros motor DC akan memperlambat putaran poros dan meningkatkan
torsi motor servo, sedangkan potensiometer dengan perubahan resistansinya saat
motor berputar berfungsi sebagai penentu batas posisi putaran poros motor
servo.
Gambar 6. Bentuk
Fisik Motor Servo
Spesifikasi
|
:
|
|||||||
Microcontroll
|
||||||||
er
|
||||||||
Operating
|
5V
|
|||||||
Voltage
|
||||||||
Input
Voltage
|
||||||||
(recommende
|
7-12V
|
|||||||
d)
|
||||||||
Input
Voltage
|
6-20V
|
|||||||
(limit)
|
||||||||
Digital
I/O
|
14 (of which 6
|
|||||||
provide
PWM
|
||||||||
Pins
|
||||||||
output)
|
||||||||
PWM
Digital
|
6
|
|||||||
I/O
Pins
|
||||||||
Analog Input
|
6
|
|||||||
Pins
|
||||||||
DC
Current
|
20 mA
|
|||||||
per I/O
Pin
|
||||||||
DC Current
|
50 mA
|
|||||||
for
3.3V Pin
|
||||||||
Flash
|
32 KB
|
G. Arduino
UNO
Arduino UNO adalah board
mikrokontroler berbasis ATmega328. Uno memiliki 14 pin digital input / output
(dimana 6 dapat digunakan sebagai output PWM), 6 input analog, resonator
keramik 16 MHz, koneksi USB, jack listrik, header ICSP, dan tombol reset. Uno
dibangun berdasarkan apa yang diperlukan untuk mendukung mikrokontroler,
sumber daya bisa menggunakan power USB (jika terhubung ke komputer dengan kabel
USB) dan juga dengan adaptor atau baterai.
Arduino Uno berbeda dari semua papan sebelumnya dalam hal tidak menggunakan FTDI chip driver USB-to-serial. Sebaliknya, fitur Atmega16U2 (Atmega8U2 sampai versi R2) diprogram sebagai konverter USB-to-serial. Revisi 2 dari Uno memiliki resistor pulling 8U2 HWB yang terhubung ke tanah, sehingga lebih mudah untuk menggunakan mode DFU
Gambar 4. Arduino UNO
3. PERANCANGAN ALAT
A. Perangkat Keras dan Rangkaian Elektronika Adapun sistem yang digunakan yaitu :
1. Joystick
2. Piezo Elektrik
3. Motor Servo
4. I2C LCD
5. LCD 16x2
6. RGB LED (4)
B. Blok
Diagram Hubungan Komponen Utama
Blok diagram aplikasi Arduino
menggunakan masukan Piezo
Elektrik dan Joystick dengan
luaran I2C LCD, LCD 16x2, Motor
Servo dan RGB LED(4) dapat dilihat pada gambar
dibawah ini:
Gambar 5.
Blok Diagram Komponen Utama
C. Perangkat
Lunak
Untuk diagram alir, program
aplikasi Arduino UNO menggunakan masukan Piezo Elektrik dan Joystick dan keluaran LCD 16x2,I2C LCD,RGB
LED(4), dan Motor Servo
Gambar 6. Diagram
Alir
4. PENGUJIAN ALAT
A. Pengujian
Joystick,PiezoElektrik,LCD,Motor
Servo dan RGB LED
Pengujian
ini bertujuan untuk
mengecek masukan
kode password
dari Joystick
dan Piezo Elektrik yang
hasilnya digunakan
untuk keluaran pada Motor agar bisa terbuka dan juga menampilkan teks pada LCD yang dipasangi I2C
dan menghidupkan LED RGB.
B. Cara Kerja Alat
Pada alat ini menggunakan sistem kerja yaitu dengan memasukkan ketukan sesuai kode pada tempat yang disediakan,kode terdiri dari 3 digit dengan indikator RGB LED :
-jika led 1 berwarna biru tandanya sudah
dapat melakukan ketukan
- jika
led 1 berwarna merah tandanya waktu yang sudah disediakan untuk mengetuk telah
terlewati
-jika kode pertama benar maka led 2 akan
menyala hijau
-jika kode kedua benar maka led 3 akan
menyala hijau
-jika kode ketiga benar maka led 4 akan
menyala hijau
-kemudian led pertama menyala hijau dan
servo akan membuka grendel
-apabila kode salah maka dapat diulangi
memasukkan kode tersebut tanpa mengulangi dari awal
Selain itu di dalam terdapat menu yaitu menu ganti sandi dan buka pintu. Menu ganti sandi digunakan untuk mengganti sandi ketukan dan menu buka pintu untuk membuka gerendel pintu.
5. HASIL DAN PEMBAHASAN
5.1 Gambar Rangkaian
5.2 Skema Perkawatan
Perkawatan Dalam
Perkawatan Luar
6. KESIMPULAN
Setelah melakukan percobaan,
pengambilan data, dan penganalisaan terhadap
data yang telah
didapat pada
proyek ini, maka didapatkan
kesimpulan yaitu sebagai berikut:
1. Arduino dapat memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari terutama
untuk instrumentasi sebagai mikrokontroler yang canggih.
2. Pengunci Pintu berbasis Arduino ini memberikan kemudahan bagi
orang-orang dalam mengunci dan pengaman suatu rumah, dengan
menggunakan pengunci pintu berbasis Arduino ini tidak perlu lagi menggunakan
gembok dan kunci sebagai pengamannya.
3. Sebuah
pintu rumah berbasis Arduino ini hanya dapat diakses oleh pengguna yang tahu
passwordnya saja.
REFERENSI
[1]http://belajar-mikrokontroler-2016.blogspot.co.id/2017/02/sistem-pembuka-kunci-dengan-ketukan.html
[2]http://www.elangsakti.com/2015/07/arduino-cara-kerja-joystick.html
[3]https://apiif.wordpress.com/2013/10/20/piezoelektrik/https://apiif.wordpress.com/2013/10/20/piezoelektrik/
[4] http://elektronika-dasar.web.id/teori-elektronika/lcd-liquid-cristal-display/
Berkas Terlampir
1. Skema Perkawatan : 1. Luar 2. Dalam
2. Diagram Blok
3. Diagram Alir
4. Gambar Rangkaian
5. Program
6. PPT
7. Jurnal
Berkas Terlampir
1. Skema Perkawatan : 1. Luar 2. Dalam
2. Diagram Blok
3. Diagram Alir
4. Gambar Rangkaian
5. Program
6. PPT
7. Jurnal
Video Simulasi
Tentang Penulis
Nama
penulis Muhammad Kevin Mubarok. Penulis dilahirkan di Kudus,16
Januari 1997. Penulis telah menempuh
pendidikan formal di MI NU 01 Purwosari
Kudus, SMPN 2 Kudus dan SMAN 2 Kudus. Tahun
2015 penulis telah menyelesaikan pendidikan SMA. Pada tahun 2015 penulis mengikuti seleksi mahasiswa
baru diploma (D3) dan diterima menjadi mahasiswa baru diploma (D3) di kampus
Politeknik Negeri Semarang (Polines) dengan Program Studi D3 Teknik
Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Penulis terdaftar dengan NIM. 3.32.15.2.12. Apabila
ada kritik, saran dan pertanyaan mengenai penelitian ini, bisa melalui via
email: muhkevinmub@gmail.com
Nama penulis Dananjaya
Rakan Unif Putra. Penulis dilahirkan di Kendal,tanggal 29 November 1996. Penulis telah menempuh pendidikan formal di SDN 1 Boja,SMP N 1 Boja, dan SMA N 1 Boja. Tahun 2015 penulis
telah menyelesaikan pendidikan SMA. Pada tahun 2015 penulis mengikuti seleksi
mahasiswa baru diploma (D3) dan
diterima menjadi mahasiswa
baru diploma (D3) di kampus Politeknik Negeri Semarang (Polines) dengan Program Studi
D3 Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Penulis terdaftar dengan NIM.
3.32.15.2.12. Apabila ada kritik, saran dan pertanyaan mengenai penelitian ini, bisa melalui via email: 2 dananraka8@gmail.com.
Nama penulis Verdian
Bagus Saputra. Penulis dilahirkan di Semarang,
tanggal 30 Januari
1996. Penulis telah menempuh pendidikan formal di SDN
Gebangsari 03 Semarang, ,
SMPN 15
Semarang, dan SMKN 7 (STM Pembangunan) Semarang.
Tahun 2015 penulis telah menyelesaikan pendidikan SMK. Pada tahun 2015 penulis
mengikuti seleksi mahasiswa baru diploma (D3)
dan diterima menjadi mahasiswa baru diploma (D3) di kampus Politeknik Negeri
Semarang (Polines) dengan Program Studi D3 Teknik Elektronika, Jurusan Teknik
Elektro. Penulis terdaftar dengan NIM. 3.32.15.2.21.
Apabila ada kritik, saran dan pertanyaan mengenai penelitian ini, bisa melalui
via email: verdianbagussaputra@rocketmail.com
Terima kasih atas artikelnya. Apakah piezo elektrik dapat diganti dengan microphone? Mohon info, terima kasih.
ReplyDeleteBang minta kontak saya mau coba buat ini untuk test microcontroler
ReplyDeleteboleh minta filenya kak?
ReplyDeletesemua file terkait sudah dilampirkan, mohon diperiksa lagi. terimakasih
ReplyDelete