PENGATUR NOMOR MEJA DENGAN TAMPILAN 7 RUAS
PENGATUR NOMOR MEJA DENGAN TAMPILAN 7 RUAS
Bella Kumala Ayu1, Pius Dimas Gustama Putra2,
dan Samuel Beta3
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang
Jl. Prof. H. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, 50275
Abstrak – kereta saji dengan penjejak garis dilengkapi dengan penampil nomor meja
menggunakan ARM NUC120 sebagai pemrosesnya. Alat ini dilengkapi dengan penampil
nomor meja sebagai indikator nomor meja sehingga memudahkan pemesan untuk
mengambil pesanan yang ada dalam kereta saji dan menghindari kesalahan
pengambilan pesanan. Dalam alat ini digunakan Joystick sebagai pengatur tampilan nomor meja dan 7 ruas sebagai penampil nomor meja yang dirancang dengan dua digit nomor sehingga
dapat menampilkan nomor meja mulai 00-99.
Kata Kunci: ARM NUC 120, Joystick, 7 ruas
katoda bersama
Abstract - a train by line tracking is equipped with a table number viewer
using ARM NUC120 as its processor. This tool comes with a table number viewer
as an indicator of table numbers making it easier for subscribers to take
orders on the chariots and avoid order taking errors. In this tool used
Joystick as a regulator display table number and seven segment as a table
number viewer designed with two-digit number so it can display the number of
the table from 00-99.
Keywords: ARM NUC 120, Joystick, seven segment common cathode
I.
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Pelayanan
yang cepat tanpa mengeluarkan banyak tenaga tentu menjadi kebutuhan pokok
disetiap aspek kehidupan, salah satunya yaitu pada pelayanan rumah makan. Rumah
makan kini sudah semakin banyak dikembangkan oleh pengusaha-pengusaha dalam
negeri maupun luar negeri. Rumah makan atau
restaurant identik dengan pelayanan yang dituntut bekerja cepat sehingga
pembeli dapat menerima pesanan tanpa harus menunggu lama. Hal ini dikarenakan
pembeli atau pengunjung restaurant
pasti memiliki kesibukan yang semakin meningkat seiring perkembangan zaman dan
dituntut untuk lebih efisien dalam menggunakan waktu untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya sehingga dapat lebih produktif dalam bekerja. Kereta ini dirancang dan
dibuat untuk dapat mengantar makanan secara otomatis kepada pengunjung
restoran, dimana kereta ini berjalan dengan mengikuti jalur garis yang telah
ditentukan dan dapat mendeteksi meja pemesan makanan tersebut. Selain itu
kereta ini juga dilengkapi dengan indikator nomor meja sehingga menghindari
adanya kesalahan atau kekeliruan antara nomor meja dengan makanan yang telah
dipesan.
1.2 Tujuan
Tujuan dari pembuatan Tugas Akhir ini
adalah untuk merancang dan membuat kereta saji yang dapat mengantarkan pesanan
sesuai nomor meja dengan menggunakan trek atau jalur tertentu.
1.3 Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang, akan ditentukan beberapa
rumusan masalah yaitu, bagaimana cara mengatur tampilan nomor meja yang ada
pada kereta saji?
1.4 Pembatasan
Masalah
Adapun yang membatasi alat ini adalah:
- Pengaturna nomor meja ini dilakukan secara manual menggunakan joystick sebagai masukannya.
- Tampilan yang dihasilkan memiliki maksimal nilai 99 dan minimal nilai 00 menggunakan 2 digit.
1.5 Metodologi
Target proyek ini menjalankan program yang dapat
diimplementasikan langsung terhadap alat. Langkah-langkah pembuatan Proyek ARM
dapat didefinisikan berikut:
- Studi pustaka alat dan bahan
- Perancagan perangkat lunak dan program
- Implementasi program
- Pengujian perangkat lunak dan perangkat keras
- Analisa
- Laporan
- TINJAUAN PUSTAKA
Penjelasan dan uraian teori penunjang yang digunakan
dalam membuat alat ini diperlukan untuk mempermudah pemahaman tentang cara
kerja rangkaian maupun dasar-dasar perencanaan pembuatan alat.
2.1 Mikrokontroler
ARM NUC120
ARM NUC120 Board merupakan modul pengembangan mikrokontroler NUC120RD2BN
yang berbasis CPU ARM Cortex-M0 dari Nuvoton. Modul ini dapat bekerja dengan
kecepatan CPU sampai dengan 48 MHz. Modul ini juga telah dilengkapi dengan bootloader internal, sehingga tidak diperlukan lagi device program eksternal. Pemrograman melalui bootloader bisa dilakukan dengan menggunakan koneksi USB.
Gambar 2.1 Board
ARM NUC 120
Spesifikasi ARM NUC120:
- Berbasis mikrokontroler NUC120RD2BN (64 KB APROM, 8 KB SRAM, 4 KB Data Flash, CPU ARM Cortex-M0).
- Terintegrasi dengan crystal eksternal 12 MHz.
- Terintegrasi dengan osilator 32.768 kHz sebagai sumber clock RTC.
- Memiliki 1x port USB.
- Memiliki 1 port RS-485.
- Memiliki 3 kanal UART dengan level tegangan TTL 3.3VDC / 5VDC.
- Tersedia port USB yang berfungsi untuk antarmuka serial sekaligus menuliskan progra mikrokontroler, sehingga tidak membutuhkan programmer eksternal.
- Memiliki port Serial Wire Debug untuk proses debuging dan programming.
- Memiliki 45 jalur GPIO.
- Terintegrasi dengan sensor suhu internal.
- Memiliki port input 8 kanal ADC 10-bit.
- Bekerja pada level tengan 3,3VDC / 5VDC dengan arus maksimum 800mA.
- Input catu daya untuk board : 6,5VDC - 12VDC / 3,3VDC - 5VDC.
2.2 Seven
Segment Common Cathode
Salah satu jenis Seven Segment Display yang sering digunakan adalah 7 Segmen yang menggunakan LED
(Light Emitting Diode) sebagai
penerangnya. LED 7 Segmen ini umumnya memiliki 7 Segmen atau elemen garis
dan 1 segmen titik yang menandakan “koma” Desimal. Jadi Jumlah keseluruhan
segmen atau elemen LED sebenarnya adalah 8. Cara kerjanya pun boleh dikatakan
mudah, ketika segmen atau elemen tertentu diberikan arus listrik, maka Display akan menampilkan angka atau
digit yang diinginkan sesuai dengan kombinasi yang diberikan.
Terdapat 2 Jenis LED 7 Segmen,
diantaranya adalah “LED 7 Segmen common Cathode” dan “LED 7 Segmen common Anode”. Pada LED 7 Segmen jenis Common Cathode (Katoda), Kaki Katoda
pada semua segmen LED adalah terhubung menjadi 1 Pin, sedangkan Kaki Anoda akan
menjadi Input untuk masing-masing Segmen LED. Kaki Katoda yang terhubung
menjadi 1 Pin ini merupakan Terminal Negatif (-) atau Ground sedangkan Signal Kendali (Control Signal) akan diberikan kepada masing-masing Kaki Anoda
Segmen LED.
Gambar 2.2 Seven
Segment Common Cathode
2.3 Joystick
Joystick merupakan alat masukan
komputer yang berwujud tuas atau tongkat yang dapat bergerak ke segala
arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat
dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu
objek dalam komputer. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau
tiga dimensi ke komputer. Joystick
umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang
dilengkapi lebih dari satu tombol.
Merupakan sebuah tuas kendali umumnya dikonfigurasi
sehingga memindahkan gerakan sinyal tongkat kiri atau kanan sepanjang sumbu X,
dan bergerak ke depan (atas) atau belakang (bawah) gerakan sinyal sepanjang
sumbu Y.
Gambar 2.3 Joystick
3.1 Perangkat
Keras dan Rangkaian Elektronika
Adapun
perangkat yang digunakan yaitu:
a.
seven segment common cathode
b.
joystick
c.
ARM NUC120
3.2 Blok Diagram
Gambar 3.1 Blok Diagram
3.3 Diagram Alir
Gambar 3.2 Diagram Alir
3.4 Gambar
Rangkaian
Gambar 3.3 Gambar Rangkaian
Gambar 3.4 Diagram Pengawatan Luar
Gambar 3.5 Diagram Pengawatan Dalam
IV. CARA
KERJA ALAT
Alat ini mempunyai input data yang berasal dari joystick. Joystick disini berguna untuk
mengatur yampilan seven segment sesuai dengan nomor meja pemesan. Nomor meja
dapat disettingan dengan mengarahkan joystick
ke atas untuk menambah nilai dan kebawah untuk mengurangi nilai. Kemudian
fungsi joystick ke kanan dan ke kiri
dapat digunakan untuk menggeser posisi nomor meja pemesan. Seven segment akan
berkedip (blink) ketika pengaturan
nomor meja sedang dikerjakan dan akan mati ketika sudah mendapati nilai nomor
meja yang diinginkan dengan menekan tombol tengah sebagai tombol OK/SETTING.
V. PENGUJIAN
ALAT
Dalam proyek yang kami buat, perlu diuji untuk
menentukan kesesuaian fungsi joystick
dan seven segment, adapun langkah-langkah
cara pengujian yang akan kami lakukan adalah:
- Mengupload program ke alat yang dibuat, apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan atau belum.
- Menguji alat sesuai dengan cara kerja.
Setelah melakukan perancangan, pembuatan dan uji coba
alat, maka didapatkan kesimpulan yaitu sebagai beikut:
- Joystick, sebagai alat inputan pengatur tampilan nomor meja.
- ARM NUC 120, sebagai pemroses pada alat.
- Seven segment sebagai tampilan nomor meja.
1. Sistem Keamanan Menggunakan Tuas Kendali (2014)
2. Pembuka dan Penutup Korden Dengan Masukan Joystick dan Keluaran Motor DC Berbasis ARM NUC 120 (2015)
3. Penampil Skor Gateball pada Tampilan 7 Ruas
http://belajar-mikrokontroler-2016.blogspot.co.id/search?q=seven+segment
VIII. BIODATA PENULIS
Nama
penulis Bella Kumala Ayu. Penulis dilahirkan di Semarang, 10 September
1996. Penulis telah menempuh pendidikan formal di TK PGRI 83 SEMARANG, SDN
SENDANGMULYO 05 SEMARANG, SMPN 29 SEMARANG, SMAN 15. Tahun 2015 penulis telah
menyelesaikan pendidikan SMA. Pada tahun 2015 penulis mengikuti seleksi
mahasiswa baru diploma (D3) dan diterima menjadi mahasiswa baru diploma
(D3) di kampus Politeknik Negeri Semarang (Polines) dengan Program
Studi D3 Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Penulis terdaftar dengan
NIM 3.32.15.1.05. Apabila ada kritik, saran dan pertanyaan mengenai penelitian
ini, bisa menghubungi 085726598823 (WA) atau melalui via email bellakumalaa@gmail.com
.
Nama penulis Pius Dimas Gustama
Putra. Penulis dilahirkan di Semarang, 29 April 1997. Penulis telah
menempuh pendidikan formal di TK SOEGIOPRANOTO, SDK. SANG TIMUR, SMPN 29 SEMARANG,
SMAN 5 SEMARANG. Tahun 2015 penulis telah menyelesaikan pendidikan SMA.
Pada tahun 2015 penulis mengikuti seleksi mahasiswa baru diploma
(D3) Prodi Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro dan diterima
menjadi mahasiswa baru diploma (D3) di kampus Politeknik Negeri Semarang
(Polines). Penulis terdaftar dengan NIM. 3.32.15.1.17. Apabila ada kritik,
saran dan pertanyaan mengenai penelitian ini, bisa melalui via email: putra.pius21@gmail.com
LAMPIRAN :
1. Download JOURNAL
2. Download POWER POINT
3. Download DIAGRAM BLOK
4. Download DIAGRAM ALIR
5. Download DIAGRAM RANGKAIAN
6. Download PENGAWATAN DALAM
7. Download PENGAWATAN LUAR
No comments:
Post a Comment