Kontak

Email | elektronikaabcd2015@gmail.com

Search This Blog

MENU

Thursday, February 8, 2018

PENGATUR NOMOR MEJA DENGAN TAMPILAN 7 RUAS



PENGATUR NOMOR MEJA DENGAN TAMPILAN 7 RUAS

Bella Kumala Ayu1, Pius Dimas Gustama Putra2, dan Samuel Beta3
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang
Jl. Prof. H. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, 50275


Abstrak – kereta saji dengan penjejak garis dilengkapi dengan penampil nomor meja menggunakan ARM NUC120 sebagai pemrosesnya. Alat ini dilengkapi dengan penampil nomor meja sebagai indikator nomor meja sehingga memudahkan pemesan untuk mengambil pesanan yang ada dalam kereta saji dan menghindari kesalahan pengambilan pesanan. Dalam alat ini digunakan Joystick sebagai pengatur tampilan nomor meja dan 7 ruas sebagai penampil nomor meja yang dirancang dengan dua digit nomor sehingga dapat menampilkan nomor meja mulai 00-99.
Kata Kunci: ARM NUC 120, Joystick, 7 ruas katoda bersama

Abstract - a train by line tracking is equipped with a table number viewer using ARM NUC120 as its processor. This tool comes with a table number viewer as an indicator of table numbers making it easier for subscribers to take orders on the chariots and avoid order taking errors. In this tool used Joystick as a regulator display table number and seven segment as a table number viewer designed with two-digit number so it can display the number of the table from 00-99.
Keywords: ARM NUC 120, Joystick, seven segment common cathode

I.            PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Pelayanan yang cepat tanpa mengeluarkan banyak tenaga tentu menjadi kebutuhan pokok disetiap aspek kehidupan, salah satunya yaitu pada pelayanan rumah makan. Rumah makan kini sudah semakin banyak dikembangkan oleh pengusaha-pengusaha dalam negeri maupun luar negeri. Rumah makan atau restaurant identik dengan pelayanan yang dituntut bekerja cepat sehingga pembeli dapat menerima pesanan tanpa harus menunggu lama. Hal ini dikarenakan pembeli atau pengunjung restaurant pasti memiliki kesibukan yang semakin meningkat seiring perkembangan zaman dan dituntut untuk lebih efisien dalam menggunakan waktu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga dapat lebih produktif dalam bekerja. Kereta ini dirancang dan dibuat untuk dapat mengantar makanan secara otomatis kepada pengunjung restoran, dimana kereta ini berjalan dengan mengikuti jalur garis yang telah ditentukan dan dapat mendeteksi meja pemesan makanan tersebut. Selain itu kereta ini juga dilengkapi dengan indikator nomor meja sehingga menghindari adanya kesalahan atau kekeliruan antara nomor meja dengan makanan yang telah dipesan.
1.2  Tujuan
Tujuan dari pembuatan Tugas Akhir ini adalah untuk merancang dan membuat kereta saji yang dapat mengantarkan pesanan sesuai nomor meja dengan menggunakan trek atau jalur tertentu.
1.3  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, akan ditentukan beberapa rumusan masalah yaitu, bagaimana cara mengatur tampilan nomor meja yang ada pada kereta saji?
1.4  Pembatasan Masalah
Adapun yang membatasi alat ini adalah:
  1. Pengaturna nomor meja ini dilakukan secara manual menggunakan joystick sebagai masukannya.
  2. Tampilan yang dihasilkan memiliki maksimal nilai 99 dan minimal nilai 00 menggunakan 2 digit.

1.5  Metodologi
Target proyek ini menjalankan program yang dapat diimplementasikan langsung terhadap alat. Langkah-langkah pembuatan Proyek ARM dapat didefinisikan berikut:

  1. Studi pustaka alat dan bahan
  2. Perancagan perangkat lunak dan program
  3. Implementasi program
  4. Pengujian perangkat lunak dan perangkat keras
  5. Analisa
  6. Laporan


  1. TINJAUAN PUSTAKA

Penjelasan dan uraian teori penunjang yang digunakan dalam membuat alat ini diperlukan untuk mempermudah pemahaman tentang cara kerja rangkaian maupun dasar-dasar perencanaan pembuatan alat.

2.1  Mikrokontroler ARM NUC120

ARM NUC120 Board merupakan modul pengembangan mikrokontroler NUC120RD2BN yang berbasis CPU ARM Cortex-M0 dari Nuvoton. Modul ini dapat bekerja dengan kecepatan CPU sampai dengan 48 MHz. Modul ini juga telah dilengkapi dengan bootloader internal, sehingga tidak diperlukan lagi device program eksternal. Pemrograman melalui bootloader bisa dilakukan dengan menggunakan koneksi USB.
 
  



Gambar 2.1 Board ARM NUC 120

Spesifikasi ARM NUC120:
  1. Berbasis mikrokontroler NUC120RD2BN (64 KB APROM, 8 KB SRAM, 4 KB Data Flash, CPU ARM Cortex-M0).
  2. Terintegrasi dengan crystal eksternal 12 MHz.
  3. Terintegrasi dengan osilator 32.768 kHz sebagai sumber clock RTC.
  4. Memiliki 1x port USB.
  5. Memiliki 1 port RS-485.
  6. Memiliki 3 kanal UART dengan level tegangan TTL 3.3VDC / 5VDC.
  7. Tersedia port USB yang berfungsi untuk antarmuka serial sekaligus menuliskan progra mikrokontroler, sehingga tidak membutuhkan programmer eksternal.
  8. Memiliki port Serial Wire Debug untuk proses debuging dan programming.
  9. Memiliki 45 jalur GPIO.
  10. Terintegrasi dengan sensor suhu internal.
  11. Memiliki port input 8 kanal ADC 10-bit.
  12. Bekerja pada level tengan 3,3VDC / 5VDC dengan arus maksimum 800mA.
  13. Input catu daya untuk board : 6,5VDC - 12VDC / 3,3VDC - 5VDC.

2.2  Seven Segment Common Cathode
Salah satu jenis Seven Segment Display yang sering digunakan adalah 7 Segmen yang menggunakan LED (Light Emitting Diode) sebagai penerangnya.  LED 7 Segmen ini umumnya memiliki 7 Segmen atau elemen garis dan 1 segmen titik yang menandakan “koma” Desimal. Jadi Jumlah keseluruhan segmen atau elemen LED sebenarnya adalah 8. Cara kerjanya pun boleh dikatakan mudah, ketika segmen atau elemen tertentu diberikan arus listrik, maka Display akan menampilkan angka atau digit yang diinginkan sesuai dengan kombinasi yang diberikan.
Terdapat 2 Jenis LED 7 Segmen, diantaranya adalah “LED 7 Segmen common Cathode” dan “LED 7 Segmen common Anode”. Pada LED 7 Segmen jenis Common Cathode (Katoda), Kaki Katoda pada semua segmen LED adalah terhubung menjadi 1 Pin, sedangkan Kaki Anoda akan menjadi Input untuk masing-masing Segmen LED.  Kaki Katoda yang terhubung menjadi 1 Pin ini merupakan Terminal Negatif (-) atau Ground sedangkan Signal Kendali (Control Signal) akan diberikan kepada masing-masing Kaki Anoda Segmen LED.





Gambar 2.2 Seven Segment Common Cathode

2.3   Joystick
Joystick merupakan alat masukan komputer yang berwujud tuas atau tongkat yang dapat bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Joystick umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
Merupakan sebuah tuas kendali umumnya dikonfigurasi sehingga memindahkan gerakan sinyal tongkat kiri atau kanan sepanjang sumbu X, dan bergerak ke depan (atas) atau belakang (bawah) gerakan sinyal sepanjang sumbu Y.

 
Gambar 2.3 Joystick

III. PERANCANGAN ALAT
3.1  Perangkat Keras dan Rangkaian Elektronika
Adapun perangkat yang digunakan yaitu:
a.       seven segment common cathode
b.      joystick
c.       ARM NUC120
3.2  Blok Diagram

Gambar 3.1 Blok Diagram


3.3  Diagram Alir



Gambar 3.2 Diagram Alir

3.4  Gambar Rangkaian


Gambar 3.3 Gambar Rangkaian

3.5  Diagram Pengawatan


Gambar 3.4 Diagram Pengawatan Luar
 

Gambar 3.5 Diagram Pengawatan Dalam
 



IV. CARA KERJA ALAT
Alat ini mempunyai input data yang berasal dari joystick. Joystick disini berguna untuk mengatur yampilan seven segment sesuai dengan nomor meja pemesan. Nomor meja dapat disettingan dengan mengarahkan joystick ke atas untuk menambah nilai dan kebawah untuk mengurangi nilai. Kemudian fungsi joystick ke kanan dan ke kiri dapat digunakan untuk menggeser posisi nomor meja pemesan. Seven segment akan berkedip (blink) ketika pengaturan nomor meja sedang dikerjakan dan akan mati ketika sudah mendapati nilai nomor meja yang diinginkan dengan menekan tombol tengah sebagai tombol OK/SETTING.
V. PENGUJIAN ALAT
Dalam proyek yang kami buat, perlu diuji untuk menentukan kesesuaian fungsi joystick dan seven segment, adapun langkah-langkah cara pengujian yang akan kami lakukan adalah:
  1. Mengupload  program ke alat  yang dibuat, apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan atau belum.
  2. Menguji alat sesuai dengan cara kerja.

VI. KESIMPULAN
Setelah melakukan perancangan, pembuatan dan uji coba alat, maka didapatkan kesimpulan yaitu sebagai beikut:
  1. Joystick, sebagai alat inputan pengatur tampilan nomor meja.
  2. ARM NUC 120, sebagai pemroses pada alat.
  3. Seven segment sebagai tampilan nomor meja.
VII. REFERENSI
1. Sistem Keamanan Menggunakan Tuas Kendali (2014)
2.  Pembuka dan Penutup Korden Dengan Masukan Joystick dan Keluaran Motor DC Berbasis ARM NUC 120 (2015)
3.  Penampil Skor Gateball pada Tampilan 7 Ruas
http://belajar-mikrokontroler-2016.blogspot.co.id/search?q=seven+segment


VIII. BIODATA PENULIS



Nama penulis Bella Kumala Ayu. Penulis dilahirkan di Semarang, 10 September 1996. Penulis telah menempuh pendidikan formal di TK PGRI 83 SEMARANG, SDN SENDANGMULYO 05 SEMARANG, SMPN 29 SEMARANG, SMAN 15. Tahun 2015 penulis telah menyelesaikan pendidikan SMA. Pada tahun 2015  penulis mengikuti seleksi mahasiswa baru diploma (D3) dan diterima menjadi mahasiswa baru diploma (D3) di kampus Politeknik Negeri Semarang  (Polines) dengan Program Studi D3 Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Penulis terdaftar dengan NIM 3.32.15.1.05. Apabila ada kritik, saran dan pertanyaan mengenai penelitian ini, bisa menghubungi 085726598823 (WA)  atau melalui via email bellakumalaa@gmail.com .



 
Nama penulis Pius Dimas Gustama Putra. Penulis dilahirkan di Semarang, 29 April 1997. Penulis telah menempuh pendidikan formal di TK SOEGIOPRANOTO, SDK. SANG TIMUR, SMPN 29 SEMARANG, SMAN 5 SEMARANG. Tahun 2015  penulis telah menyelesaikan pendidikan SMA. Pada tahun 2015 penulis mengikuti seleksi mahasiswa baru diploma (D3) Prodi Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro dan diterima menjadi mahasiswa baru diploma (D3) di kampus Politeknik Negeri Semarang (Polines). Penulis terdaftar dengan NIM. 3.32.15.1.17. Apabila ada kritik, saran dan pertanyaan mengenai penelitian ini, bisa melalui via email: putra.pius21@gmail.com

LAMPIRAN :
1. Download JOURNAL
2. Download POWER POINT
3. Download DIAGRAM BLOK
4. Download DIAGRAM ALIR
5. Download DIAGRAM RANGKAIAN
6. Download PENGAWATAN DALAM
7. Download PENGAWATAN LUAR
8. Download VIDEO
9. Download PROGRAM


No comments:

Post a Comment