MODUL TIMBANGAN BENDA DIGITAL DENGAN LED RGB DAN DFPLAYER MINI SEBAGAI INDIKATOR
MODUL
TIMBANGAN BENDA DIGITAL DENGAN LED RGB DAN DFPLAYER
MINI SEBAGAI INDIKATOR
Ahmad
Jamiluddin Septya Ekavian1, Rizka Zulfiyani2,
Royand3, Zamil Aulia Rachman4
Samuel
BETA5
Program Studi Teknik
Elektronika Jurusan Teknik Elektro
Politeknik Negeri Semarang
Jln. Prof. H. Sudarto, S.H., Tembalang, Semarang,
Jawa Tengah, Indonesia. 50275.
E-mail: 1ahmadjamiluddin22@gmail.com, 2rizka.zulfiyani37@gmail.com,
3royand99@yahoo.co.id, 4zamilar6@gmail.com, 5sambetak2@gmail.com.
Abstrak
Penggunaan
timbangan manual akan menghasilkan nilai yang kurang akurat. Agar memudahkan pengguna dalam mengukur berat suatu
benda, dibutuhkan sebuah modul
timbangan benda dengan
system digital,
karena dengan menggunakan timbang digital hasil yang didapatkan akan lebih
presisi. Dalam penelitian ini dibuatlah aplikasi modul timbangan benda digital
berbasis Arduino Uno dengan masukan sensor berat sel beban (Load Cell) dan
keypad serta luaran berupa tampilan pada Liquid
Crystal Display (LCD) dan led
RGB serta DFPlayer Mini sebagai indikator. Sensor
berat ini mampu mengukur berat benda
dengan batas maksimum 5kg, setelah itu hasil pembacaan sensor dikuatkan dengan IC HX711. Luaran yang ditampilkan pada LCD
yaitu berupa
hasil pengukuran berat benda yang ditimbang dalam satuanvgram (g).
Kata Kunci :
Arduino Uno, Keypad, Load Cell, Liquid Crystal
Display (LCD), DFPlayer Mini.
Abstract
Using manual
scales will give less accurate result. To facilitate users in measuring the
weight of a thing, it require a module object scales with a digital system,
because by using the digital weigh the results obtained will be more. In this
study produce application module scales
digital objects-based Arduino Uno with heavy load cell sensor input (Load Cell)
and keypad as well as the outer form of the appearance of the Liquid Crystal
Display (LCD) and RGB LEDs and DFPlayer Mini as indicators. The weight sensor
is capable of measuring the weight of objects with a maximum of 5 kg, after the
results of the readings of the sensors is amplified with IC HX711. External
displayed on the LCD that is either a result of measurement of the weight of
the object that is weighed in units of grams (g).
Keywords: Arduino Uno, Keypad, Load
Cell,
Liquid Crystal Display (LCD), DFPlayer Mini.
1.
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Timbangan yang banyak digunakan
pada umumnya masih bersifat konvensional atau manual. Hasil pengukuran pada
timbangan konvensional juga tidak teliti atau presisi karena tidak adanya
akurasi dan tingkat kepresisian pada timbangan konvensional.. Proses pengukuran berat suatu objek atau benda seharusnya
membutuhkan tingkat
ketelititian yang akurat.
Berdasarkan
permasalahan tersebut maka dibuatlah sebuah “Modul Timbangan
Benda Digital”. Alat ini dibuat untuk memudahkan
pengguna untuk menimbang suatu benda dengan tingkat ketelitian yang akurat.
Hasil pengukuran ditampilkan di layar LCD sehingga pembacaan juga semakin mudah. Selain itu, timbangan digital ini
dilengkapi dengan keypad untuk dapat mengatur berat yang diminta sebelum
menimbang benda, serta DFPlayer Mini dan
led RGB sebagai indikator dari
timbangan.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat
dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
a. Bagaimana
membuat dan merancang Timbangan Benda Digital serta pengembangannya?
b. Bagaimana
cara menampilkan hasil pengukuran Loadcell
pada sebuah tampilan LCD 16x2 dengan arduino?
c. Bagaimana
cara mengatur timbangan agar dapat menimbang berat sesuai dengan berat yang
diinginkan.
1.3 Ruang
Lingkup
Berdasarkan rumusan masalah diatas,
agar pembahasan terfokus pada perumusan masalah yang akan dibahas pada alat ini
sebagai berikut :
a. Modul
timbangan buah digital ini digunakan untuk mengukur berat benda dengan batas
massa maksimum yang dapat diukur adalah 5 kg.
b. Load
Cell sebagai sensor berat untuk mendeteksi berat benda.
1.4 Tujuan
Tujuan dari pembuatan Proyek
Arduino ini adalah :
a. Merancang
timbangan digital yang dapat mengukur berat secara lebih akurasi dan presisi.
b. Menampilkan
hasil pengukuran berat pada sebuah tampilan LCD 16x2 agar lebih mudah dalam
pembacaannya.
c. Membuat
Membuat inovasi pada timbangan digital dengan memasukkan nilai yang diinginkan
sehingga saat ada hasil timbangan maka ada indikator yang bekerja.
2
TINJAUAN PUSTAKA
2.1
Loadcell
Loadcell adalah
sebuah alat uji perangkat listrik yang dapat mengubah suatu energi listrik
menjadi energi lainnya yang biasa digunakan untuk mengubah suatu gaya menjadi
sinyal listrik
·
Tegangan
sumber : max DC 10V
·
Beban
: max 5000 gr (5 Kg)
·
Output
: 0,1 mV ~ 1,0 mV / V (skala 1:1000 terhadap tegangan masukan, margin
error ≤1,5%)
·
Suhu
operasional : -20 ~ +65°C
·
Bahan
: Aluminium alloy Dimensi : 8 cm x 1,25 cm x 1, 25 cm
Gambar 1. Sensor Berat (Load Cell)
Karena perbedaan yang terukur sangat kecil dalam orde
µV (mikro Volt, sepersejuta Volt), dibutuhkan rangkaian pengubah sinyal analog
menjadi digital yang sangat presisi, untuk itulah pada kit ini kami menyertakan
modul HX711 yang beresolusi 24 bit.
Gambar
2 Modul HX711
HX711
adalah modul timbangan, yang memiliki prinsip kerja mengkonversi perubahan yang
terukur dalam perubahan resistansi dan mengkonversinya ke dalam besaran
tegangan melalui rangkaian yang ada.
·
Vin
: DC 5V
·
Arus
: 10 mA
·
Input :
2 channel Analog dari load cell (bisa dipakai untuk 2 load cell)
·
Output
: TTL (serial tersinkronisasi, DI dan SCK)
·
Akurasi
data : 24 bit (24-bit ADC)
·
Frekuensi
pembacaan (refresh rate) : 80 Hz
·
Dimensi
: panjang 38 mm x lebar 21 mm
2.2 LCD (Liquid
Crystral Display)
LCD (Liquid Cristal Display) adalah salah satu jenis
display elektronik yang dibuat dengan teknologi CMOS logic yang bekerja dengan
tidak menghasilkan cahaya tetapi memantulkan cahaya yang ada di sekelilingnya
terhadap front-lit atau mentransmisikan cahaya dari back-lit. LCD (Liquid
Cristal Display) berfungsi sebagai penampil data baik dalam bentuk karakter,
huruf, angka ataupun grafik.
Tabel 1. pin LCD 16x2
Gambar 3. LCD
16x2
2.3 Keypad
Keypad
adalah bagian penting dari suatu perangkat elektronika yang membutuhkan
interaksi manusia. Keypad berfungi
sebagai interface antara perangkat (mesin) elektronik dengan manusia atau
dikenal dengan istilah HMI (Human Machine
Interface). Matrik keypad 4x4 merupakan
salah satu contoh keypad yang dapat
digunakan untuk komunikasi antara manusia dengan microcontroller. Konfigurasi keypad
dengan susunan bentuk matrik ini bertujuan untuk penghematan port
mikrokontroler karena jumlah key
(tombol) yang dibutuhkan banyak pada suatu sistem dengan mikrokontroler.
Gambar 4. Keypad
2.4 Arduino Uno
Arduino Uno adalah papan
sirkuit berbasis mikrokontroler ATmega328. IC (integrated circuit) ini memiliki
14 input/output digital (6 output untuk PWM), 6 analog input, resonator kristal
keramik 16 MHz, Koneksi USB, soket adaptor, pin header ICSP, dan tombol reset.
Hal inilah yang dibutuhkan untuk mensupport mikrokontrol secara mudah terhubung
dengan kabel power USB atau kabel power supply adaptor AC ke DC atau juga
battery.
Gambar 5. Arduino Uno
2.5 Led RGB
RGB
adalah suatu model warna yang terdiri atas 3
buah warna: merah
(Red),
hijau
(Green),
dan biru
(Blue),
yang ditambahkan dengan berbagai cara untuk
menghasilkan
bermacam-macam warna. Kegunaan utama model warna RGB
adalah untuk menampilkan citra
atau
gambar dalam perangkat elektronik, seperti televisi
dan komputer,
walaupun juga telah digunakan dalam fotografi
biasa.
·
Lensa
: Bening
·
Warna
yg dipancarkan : Merah / Hijau / Biru
· Common : Katoda
· Ukuran : 5mm
· Tegangan : 2.5~3.0 (V) forward voltage
· Sudut Pancaran : 25 derajat
Intensitas cahaya : 4.000 mcd (millicandela)
Gambar 6. Led RGB (common katoda)
2.6 DFPlayer
Mini
DFPlayer mini adalah modul mp3 dengan keluaran yang
telah disederhanakan langsung ke pengeras suara (speaker). Modul ini dapat digunakan berdiri sendiri dengan baterai,
speaker dan push button, atau dapat juga dikombinasikan dengan Arduino UNO
atau perangkat lainnnya dengan kemampuan RX/TX. DFPlayer mendukung format audio pada umumnya seperti MP3, WAV,
WMA. Selain itu, juga mendukung TF card
dengan sistem file FAT16, FAT32. Melalui port serial yang sederhana, pengguna
dapat memainkan musik yang dipilih tanpa perintah-perintah rumit untuk
melakukannya.
Gambar 7. DFPlayer Mini
Gambar
8. Pin DFPlayer Mini
Pada penggunaan DFPlayer
membutuhkan Speaker. Speaker adalah alat untuk mengubah
gelombang listrik menjadi gelombang getaran yaitu berupa audio/suara.
3
PERANCANGAN
ALAT
3.1. Perangkat Keras dan Rangkaian Elektronika
Adapun sistem yang digunakan yaitu :
1.
Load cell
2. Keypad 4x4
3. Modul HX711
4. LED RGB
5. Arduino Uno
6. LCD 16x2
7. DFPlayer mini
8. Speaker
3.2. Blok Diagram Hubungan Komponen Utama
Blok diagram yang digunakan pada alat ini dapat dilihat seperti gambar
di bawah ini:
Gambar 9. Diagram Blok
3.3. Prinsip Kerja Alat
Adapun prinsip kerja alat sebagai berikut :
1.
Ketika kabel Power AC dimasukkan pada stop kontak
alat akan aktif.
2.
Pada LCD akan ditampilkan pesan awal dilanjutkan
dengan inisialisasi DFPlayer Mini kemudian akan mucul pilihan mode
3.
Akan tampil dua pilihan mode yaitu mode A dan mode
B.
4.
Keypad berfungsi untuk memasukkan perintah pilihan
mode.
5.
Mode A adalah mode dimana alat bekerja seperti
timbangan biasa, hanya menampilkan berat pada LCD pada pembacaan Load cell.
6.
Mode B disebut juga mode acuan yaitu pengguna
terlebih dahulu memasukkan nilai acuan berat yang diinginkan setelah itu alat
akan menampilkan pembacaan Load cell,
jika berat pembacaan kurang dari berat acuan maka LED RGB akan nyala merah dan
DFPlayer Mini memutar track 1 yaitu
menginformasikan bahwa berat kurang dari acuan, jika berat pembacaan lebih dari
berat acuan maka LED RGB akan nyala kuning dan DFPlayer Mini memutar track 2 yaitu menginformasikan bahwa
berat lebih dari acuan, jika berat
pembacaan sama dengan berat acuan maka LED RGB akan nyala hijau dan DFPlayer
Mini memutar track 3 yaitu
menginformasikan bahwa berat sama dengan acuan.
7.
Dari mode satu ke mode lain dapat berpindah
langsung dengan menekan tombol C dan memilih mode yang diinginkan.
3.4. Perancangan Perangkat Lunak
Perangkat
lunak ini berfungsi untuk mengatur kinerja secara keseluruhan dari system.
Perangkat lunak untuk alat ini menggunakan software
Arduino. Untuk memberikan gambaran umum jalannya program dan
memudahkan pembuatan perangkat lunak maka dibuatlah diagram alir sebagai berikut:
Gambar 10.Diagram
Alir Lengkap
Gambar 11. Diagram Alir Perbagian
3.5. Perancangan Perangkat Keras
Pengawatan Rangkaian
Gambar
12. Pengawatan Dalam
Gambar
13. Pengawatan Luar
Gambar Rangkaian
Gambar 14. Rangkaian Keseluruhan
4
PENGUJIAN
ALAT
Pengujian Alat bertujuan untuk memastikan apakah
alat sudah bekerja sesuai dengan tujuan awal, pada tahap pengujian alat ada beberapa
komponen yang diuji yaitu
1. Pengujian HX711
Pengujian
ini bertujuan untuk memastikan bahwa sensor berat yang telah dikuatkan oleh
modul HX711 bekerja sesuai dengan yang dikehendaki. Pengujian ini membutuhkan
timbangan asli untuk membandingkan berat dengan alat. Dari 19 sampel percobaan
didapatkan tabel sebagai berikut
Tabel 2. Perbandingan dengan Timbangan asli
2. Pengujian DFPlayer
Pengujian ini bertujuan untuk memastikan bahwa
DFPlayer Mini dapat bekerja dengan baik sebagai luaran dan sesuai dengan yang
diharapkan. DFPlayer Mini akan memproses pemutaran trak sesuai dengan kondisi
pada timbangan.
3. Pengujian LED RGB
Pengujian ini bertujuan untuk memastikan bahwa LED
RGB dapat bekerja dengan baik sebagai luaran dan sesuai dengan yang diharapkan.
LED RGB akan menampilkan berbagai warna tergantung pada kondisi timbangan.
5
KESIMPULAN
Setelah melakukan percobaan, pengambilan data, dan penganalisaan
terhadap data yang telah didapat pada proyek ini, maka didapatkan kesimpulan yaitu
sebagai berikut:
1.
Sensor Beban dapat dimanfaatkan sebagai timabangan
dan bisa divariasikan menjadi banyak jenis.
2.
Arduino dapat memudahkan kita dalam membuat
pemroses, karena bahasanya sederhana dan mudah dimengerti oleh manusia sehingga
banyak diaplikasikan pada kehidupan
sehari-hari terutama untuk instrumentasi sebagai mikrokontroler, jadi hanya
dengan membuat struktur kalimat yang berkesinambungan antara satu dengan yang
lain maka terciptalah alat untuk mengolah input menjadi output,
3.
Dengan adanya teknologi pada bidang elektronika
yang berkembang pesat, memudahkan dalam menciptakan hal baru pada segala bidang
salah satunya dalam membuat timbangan yang banyak dimanfaatkan manusia serta
pengembangan dan variasi dari timbangan itu sendiri dengan cara memodifikasi
program atau pemroses.
REFERENSI
Download :
BIODATA
Nama penulis: Nama penulis: Ahmad Jamiluddin Septya
Ekavian. Penulis dilahirkan di Bojonegoro, 30 September 1997. Penulis telah
menempuh pendidikan formal di MI Mansyaul Huda Gunungsari, SMP Negeri 1
Baureno, SMK Negeri 4 Bojonegoro. Pada tahun 2015 penulis mengikuti seleksi
mahasiswa baru diploma (D3) dan diterima menjadi mahasiswa baru diploma (D3) di
kampus Politeknik Negeri Semarang (Polines) dengan Program Studi D3 Teknik
Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Penulis terdaftar dengan NIM.
3.32.15.3.01. Apabila ada kritik, saran dan pertanyaan mengenai penelitian ini,
bisa menghubungi melalui email: ahmadjamiluddin22@gmail.com
Nama penulis: Rizka Zulfiyani. Penulis dilahirkan di
Kudus, 24 Juli 1997. Penulis telah menempuh pendidikan formal di SD Negeri 2
Ploso Kudus, SMP Negeri Jati Kudus, SMA Negeri 2 Kudus. Pada tahun 2015 penulis
mengikuti seleksi mahasiswa baru diploma (D3) dan diterima menjadi mahasiswa
baru diploma (D3) di kampus Politeknik Negeri Semarang (Polines) dengan Program
Studi D3 Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Penulis terdaftar dengan
NIM. 3.32.15.3.17. Apabila ada kritik, saran dan pertanyaan mengenai penelitian
ini, bisa menghubungi melalui email: rizka.zulfiyani37@gmail.com
Nama penulis:
Royand. Penulis dilahirkan di Pemalang, 9 Maret 1996. Penulis telah
menempuh pendidikan formal di SD Negeri 3 Kebondalem Pemalang, SMP Negeri 2
Pemalang, SMA Negeri 1 Pemalang. Pada tahun 2015 penulis mengikuti seleksi
mahasiswa baru diploma (D3) dan diterima menjadi mahasiswa baru diploma (D3) di
kampus Politeknik Negeri Semarang (Polines) dengan Program Studi D3 Teknik
Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Penulis terdaftar dengan NIM.
3.32.15.3.18. Apabila ada kritik, saran dan pertanyaan mengenai penelitian ini,
bisa menghubungi melalui email : royand99@yahoo.co.id.
Nama
penulis: zamil Aulia rachman. Penulis dilahirkan di Semarang, 2 Februari 1997.
Penulis telah menempuh pendidikan formal di SD kampus ngaliyan, SMP Negeri 1
semarang, SMA kesatrian 1 semarang. Pada tahun 2015 penulis mengikuti seleksi
mahasiswa baru diploma (D3) dan diterima menjadi mahasiswa baru diploma (D3) di
kampus Politeknik Negeri Semarang (Polines) dengan Program Studi D3 Teknik
Elektronika, Jurusan Teknik Elektro. Penulis terdaftar dengan NIM.
3.32.15.3.24. Apabila ada kritik, saran dan pertanyaan mengenai penelitian ini,
bisa menghubungi melalui email: zamilar6@gmail.com
maaf gan...bisa dikirim tutor dan rangkian serta programnya di nanda.juniardi95@gmail.com mohon bantuannya
ReplyDeleteBisa kirim tutor gak? danidl28@yahoo.com
ReplyDelete