Kontak

Email | elektronikaabcd2015@gmail.com

Search This Blog

MENU

Monday, January 8, 2018

PENGAMAN RUANGAN DENGAN PASSWORD

PENGAMAN RUANGAN MENGGUNAKAN PASSWORD DENGAN LUARAN BUZZER DAN DISPLAY LCD

PENGAMAN RUANGAN MENGGUNAKAN PASSWORD DENGAN LUARAN BUZZER DAN DISPLAY LCD
Arya widiyatmaka1, Luvi adi baskoro2, Muhammad fajar nur ismail3,
 Dr. Samuel Beta, Ing-Tech.,M.T4
Prodi Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektrom Politeknik Negeri Semarang
Jl. Prof. H. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, 50275
telp.(024) 7473417, website : www.polines.ac.id , Email : sekretariat@polines.ac.id
E-mail: aryawidyat@gmail.com , luviadibaskoro@gmail.com , hanyakamufr11@gmail.com .Sambetak2@gmail.com



1.      PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Ruangan merupakan suatu banggunan yang wujudnya sedemikian rupa yang di gunakan untuk manusia di seluruh dunia sebagai untuk menyimpan barang berharga. Hal itu menjadikan ruangan sebagai salah satu sandang atau kebutuhan yang di perlukan manusia pada umumnya. Bagi orang yang mempunyai harta lebih dan ingin menyimpan barang berharga seperti uang, emas, dan barang-barang antic maka akan menyimapn di ruangan tertentu dan sekiranya itu aman dari pencurian atau perampokan.
Berdasarkan permasalahan tersebut, kami membuat alat “PENGAMAN RUANGAN MENGGUNAKAN PASSWORD DENGAN LUARAN BUZZER DAN DISPLAY LCD”. Untuk membantu dalam meringankan beban manusia khususnya yg membutuhkan alat tersebut.

1.2    Rumusan Masalah
             Dari uraian latar belakang masalah di atas, akan di tentukan beberapa rumusan masalah                sebagai berikut :
1.      Bagaimana cara kerja limit switch sebagai pengunci pada pintu ruangan?
2.      Bagaimana cara membunyikan buzzer?
3.      Bagaimana cara menampilkan password pada LCD?

1.3    Pembatasan Masalah
Adapun yang membatasi alat ini :
1.      Membaca password dengan keypad untuk membuka pintu.
2.      Menggunakan arduino yang sudah di program.
3.      Menggunakan LCD untuk menampilkan password berupa angka.

1.4    Tujuan
            Dari perumusan masalah dai atas, dapat disimpulkan bahwa tujuan pembuatan alat ini                  adalah sebagai berikut :
1.      Sebagai alat untuk mengamankan barang berharga.
2.      Sebagai alat memudahkan manusia.

1.5    Metodologi
            Target proyek ini menjalankan program yang dapat diimplementasikan langsung                          terhadap alat. Langkah-langkah pembuatan proyek arduino dapat didefinisikan sebagai berikut:
1.      Studi pustaka alat dan bahan
2.      Perancangan perangkat lunak dan program
3.      Implementasi program
4.      Pengujian perangkat lunak dan perangkat keras
5.      Analisa
6.      Laporan

2.      TINJAUAN PUSTAKA

Penjelasan dan uraian teori penunjang yang di gunakan dalam membuat alat ini di perlukan untuk mempermudah pemahaman tentag cara kerja ranggaian maupun dasar-dasar perencanaan pembuaatan alat.
Spesifikasi Arduino UnoR3
Microcontroller
ATmega328
Operating Voltage
5V
Input Voltage (recommended)
7-12V
Input Voltage (limits)
6-20V
Digital I/O Pins
14 (of which 6 provide PWM output)
Analog Input Pins
6
DC Current per I/O Pin
40 mA
DC Current for 3.3V Pin
50 mA
Flash Memory
32 KB (ATmega328) of which 0.5 KB used by bootloader
SRAM
2 KB (ATmega328)
EEPROM
1 KB (ATmega328)
Clock Speed
16 MHz
Length
68.6 mm
Width
53.4 mm
Weight
25 g

Arduino UNO adalah sebuah board mikrokontroler yang didasarkan pada Arduino UNO mempunyai 14 pin digital input/output (6 di antaranya dapat digunakan sebagai output PWM), 6 input analog, sebuah osilator Kristal 16 MHz, sebuah koneksi USB, sebuah power jack, sebuah ICSP header, dan sebuat tombol reset. Arduino UNO memuat semua yang dibutuhkan untuk menunjang mikrokontroler, mudah menghubungkannya ke sebuah computer dengan sebuah kabel USB atau mensuplainya dengan sebuah adaptor AC ke DC atau menggunakan baterai untuk memulainya.

2.2  Keypad 4x4
Keypad adalah bagian penting dari suatu  perangkat elektronika yang membutuhkan interaksi          manusia. Keypad berfungsi sebagai interface antara perangkat (mesin) elektronik dengan manusia atau dikenal dengan istilah HMI (Human Machine Interface). Matrix keypad 4×4 pada artikel ini merupakan salah satu contoh keypad yang dapat digunakan untuk berkomunikasi antara manusia dengan mikrokontroler. Matrix keypad 4×4 memiliki konstruksi atau susunan yang simple dan hemat dalam penggunaan port mikrokontroler. Konfigurasi keypad dengan susunan bentuk matrix ini bertujuan untuk penghematan port mikrokontroler karena jumlah key (tombol) yang dibutuhkan banyak pada suatu sistem dengan mikrokontroler. Konstruksi matrix keypad 4×4 diatas cukup sederhana, yaitu terdiri dari 4 baris dan 4 kolom dengan keypad berupas saklar push buton yang diletakan disetiap persilangan kolom dan barisnya. Rangkaian matrix keypad diatas terdiri dari 16 saklar push buton dengan konfigurasi 4 baris dan 4 kolom. 8 line yang terdiri dari 4 baris dan 4 kolom tersebut dihubungkan dengan port mikrokontroler 8 bit. Sisi baris dari matrix keypad ditandai dengan nama Row1, Row2, Row3 dan Row4 kemudian sisi kolom ditandai dengan nama Col1, Col2, Col3 dan Col4. Sisi input atau output dari matrix keypad 4×4 ini tidak mengikat, dapat dikonfigurasikan kolom sebagi input dan baris sebagai output atau sebaliknya tergantung programernya.

2.3   LCD 2x16
        LCD (Liquid Cristal Display) berfungsi untuk menampilkan karakter angka, huruf ataupun simbol dengan lebih baik dan dengan konsumsi arus yang rendah. LCD (Liquid Cristal Display) dot matrik M1632 merupakan modul LCD buatan hitachi. Modul LCD (Liquid Cristal Display) dot matrik M1632 terdiri dari bagian penampil karakter (LCD) yang berfungsi menampilkan karakter dan bagian sistem prosesor LCD dalam bentuk modul dengan mikrokontroler yang diletakan dibagian belakan LCD tersebut yang berfungsi untuk mengatur tampilan LCD serta mengatur komunikasi antara LCD dengan mikrokontroler yang menggunakan modul LCD tersebut
Fungsi Pin LCD (Liquid Cristal Display) Dot Matrix 2×16 M1632
·                     DB0 – DB7 adalah jalur data (data bus) yang berfungsi sebagai jalur komunikasi untuk mengirimkan dan menerima data atau instruksi dari mikrokontrooler ke modul LCD.
·                     RS adalah pin yang berfungsi sebagai selektor register (register sellect) yaitu dengan memberikan logika low (0) sebagai register perintah dan logika high (1) sebagai register data.
·                     R/W adalah pin yang berfungsi untuk menentukan mode baca atau tulis dari data yang terdapat pada DB0 – DB7. Yaitu dengan memberikan logika low (0) untuk fungsi read dan logika high (1) untuk mode write.
·                     Enable (E), berfungsi sebagai Enable Clock LCD, logika 1 setiap kali pengiriman atau pembacaan data.


2.4   Motor Servo 

Motor servo adalah sebuah perangkat atau aktuator putar (motor) yang dirancang dengan sistem kontrol umpan balik loop tertutup (servo), sehingga dapat di set-up atau di atur untuk menentukan dan memastikan posisi sudut dari poros output motor. motor servo merupakan perangkat yang terdiri dari motor DC, serangkaian gear, rangkaian kontrol dan potensiometer. Serangkaian gear yang melekat pada poros motor DC akan memperlambat putaran poros dan meningkatkan torsi motor servo, sedangkan potensiometer dengan perubahan resistansinya saat motor berputar berfungsi sebagai penentu batas posisi putaran poros motor servo.
Penggunaan sistem kontrol loop tertutup pada motor servo berguna untuk mengontrol gerakan dan posisi akhir dari poros motor servo. Penjelasan sederhananya begini, posisi poros output akan di sensor untuk mengetahui posisi poros sudah tepat seperti yang di inginkan atau belum, dan jika belum, maka kontrol input akan mengirim sinyal kendali untuk membuat posisi poros tersebut tepat pada posisi yang diinginkan. Untuk lebih jelasnya mengenai sistem kontrol loop tertutup, perhatikan contoh sederhana beberapa aplikasi lain dari sistem kontrol loop tertutup, seperti penyetelan suhu pada AC, kulkas, setrika dan lain sebagainya.
Motor servo biasa digunakan dalam aplikasi-aplikasi di industri, selain itu juga digunakan dalam berbagai aplikasi lain seperti pada mobil mainan radio kontrol, robot, pesawat, dan lain sebagainya.
Ada dua jenis motor servo, yaitu motor servo AC dan DC. Motor servo AC lebih dapat menangani arus yang tinggi atau beban berat, sehingga sering diaplikasikan pada mesin-mesin industri. Sedangkan motor servo DC biasanya lebih cocok untuk digunakan pada aplikasi-aplikasi yang lebih kecil. Dan bila dibedakan menurut rotasinya, umumnya terdapat dua jenis motor servo yang dan terdapat di pasaran, yaitu motor servo rotation 180⁰ dan servo rotation continuous.
·                      Motor servo standard (servo rotation 180⁰) adalah jenis yang paling umum dari motor servo, dimana putaran  poros outputnya terbatas hanya 90⁰ kearah kanan dan 90⁰ kearah kiri. Dengan kata lain total putarannya hanya setengah lingkaran atau 180⁰.
·                      Motor servo rotation continuous merupakan jenis motor servo yang sebenarnya sama dengan jenis servo standard, hanya saja perputaran porosnya tanpa batasan atau dengan kata lain dapat berputar terus, baik ke arah kanan maupun kiri.

2.5   Buzzer 
Buzzer adalah sebuah komponen elektronika yang berfungsi untuk mengubah getaran listrik menjadi getaran suara. Pada dasarnya prinsip kerja buzzer hampir sama dengan loud speaker, jadi buzzer juga terdiri dari kumparan yang terpasang pada diafragma dan kemudian kumparan tersebut dialiri arus sehingga menjadi elektromagnet, kumparan tadi akan tertarik ke dalam atau keluar, tergantung dari arah arus dan polaritas magnetnya, karena kumparan dipasang pada diafragma maka setiap gerakan kumparan akan menggerakkan diafragma secara bolak-balik sehingga membuat udara bergetar yang akan menghasilkan suara. Buzzer biasa digunakan sebagai indikator bahwa proses telah selesai atau terjadi suatu kesalahan pada sebuah alat (alarm).

2.6   Magnetic Switch

Sensor Magnet atau disebut juga relai buluh, adalah alat yang akan terpengaruh medan magnet dan akan memberikan perubahan kondisi pada keluaran. Seperti layaknya saklar dua kondisi (on/off) yang digerakkan oleh adanya medan magnet di sekitarnya. Biasanya sensor ini dikemas dalam bentuk kemasan yang hampa dan bebas dari debu, kelembapan, asap ataupun uap.
Electromagnetic door switch merupakan switch yang bekerja berdasarkan ada tidaknya medan magnet yang mempengaruhi switch. Switch ini didalamnya mempunyai dua buah lempengan logam yang terbuat dari nikel dan besi (NiFe) dimana secara umum keadaanelectromagnetic door switch ini adalah normaly open. Ketika magnet diletakkan di dekatElectromagnetic door switch maka dua lempengan logam akan menempel dan switch ini akan tersambung sehingga keadaanya adalah normally closed. Ketika magnet dijauhkan dari switchini, maka reed switch akan kembali ke posisi semula yaitu normally open. Electromagnetic door switch dapat dilihat pada Gambar.

3.   METODE PEMBUATAN ALAT
Dalam perancangan dalam pembuatan penelitian ini yaitu alat pembaca warna, terdiri atas perancangan mekanik (hardware) yang meliputi perancangan elektrik, dan perancangan perangkat lunak(software). Perancangan ini mempunyai gambaran perancangan hardware, yang didalamnya ada beberapa rangkaian elektrik yang medukung alat ini.
       
Gambar 3.1 Diagram Blok Perancangan Alat

1.      Perancangan Hardwere
Perancangan dan pembuatan elektrik ini meliputi pembuatan INPUT dan OUTPUT yaitu
a.       KEYPAD 4x4 sebagai masukan yang berfungsi sebagai tombol untuk memasukan dan merubah password
b.      Saklar MAGNETIC sebagai masukan yang berfungsi sebagai indicator bahwa jika pintu terbuka lebih dari 5 detik servo tidak otomatis menutup
c.       LCD 2x16 sebagai tampilan untuk menampilkan password.
d.      SERVO sebagai pengunci pintu
e.       BUZZER sebagai tanda bahwa pintu terbuka paksa, tidak melalu memasukan password.



Gambar 3.2  gambar rangkaian perancangan alat


      Perancangan alat 
Untuk diagram alir, program aplikasi Arduino menggunakan masukan keypad dengan luaran buzzer dan motor servo
Gambar 3.2 Diagram Alir
     
      Untuk diagram pengawatan luar bisa di cek di bawah dengan masukan keypad dan untuk luaran lcd dan motor servo. untuk diagram pengawatan dalam hanya menggunakan arduino dan konektor pada PCB agar lebih jelas bisa di lihat di bawah ini.


Gambar 3.3 Pengawatan dalam


Gambar 3.4 pengawatan Luar 

Gambar 3.5 gambar yang sudah jadi 



Video alat


4.   PENGUJIAN ALAT
         Dalam proyek yang kami buat, perlu diuji untuk menentukan keakuratan alat sebagai alat deteksi, adapun langkah-langkah cara pengujian yang akan kami lakukan adalah :
1.      Menyalakan alat untuk meng ON kan alat untuk mengecek apakah sudah aktif semua atau tidak.
2.      Memasukan password yang akan di jadikan password untuk pintu. Kemudian untuk di baca program kemudian di proses oleh arduino yang kemudian di tampilkan di LCD 16x2.

5.      KESIMPULAN
1.      Limit switch berfungsi sebagai saklar untuk membuka dan menutup pintu menggunakan motor servo.
2.      Hasil yang akan di tampilkan di LCD adalah angka yang di ketik melalui keypad.
3.   LCD akan menampilkan angka yang di inginkan.



6.      DAFTAR PUSTAKA
========================================================================
Lampiran : 
1. Download di Pengawatan dalam dan luar
2. Download di Diagram Alir 
3. Download di Program Arduino
4. Download di Diagram Rangkaian
5. Download di Laporan Proyek Arduino
6. Download di Diagram Blok
7. Download di Presentasi 
8. Download di Library Arduino

BIODATA KELOMPOK PROYEK ARDUINO

PENULIS

Nama saya Arya Widiatmaka, saya berasal dari Solo Norwegia (maaf ini bercanda) ya tepatnya saya di Solo Karanganyar dekat dengan Taman kota. Saya dari SMK Negeri 2 Surakarta, Saya lahir pada tanggal 6 Desember 1996. Dahulu saya mempunyai cita-cita Dokter semasa kecil teatpi beriringnya waktu akhirnya saya jadi teknisi, saya awalnya sedih tapi menjadi teknisi tidak jelek juga dan sekarang saya ingin membanggakan orangtua. Saya di polines sudah memasuki semester akhir atau sebentar lagi bias di bilang mau lulus aamin. Disini saya menjadi ketua kelompok.



Nama saya Muhammad Fajar Nur Ismail, biasa di panggil Fajar, Nur, dan mail. Saya berasal dari SMA negeri 4 semarang di banyumanik. Dan saya berasal  dari Semarang tetapi saya lahir di Jakarta. Bisa berbahasa jawa tapi rada nggak lancer. Saya lahir di Jakarta tanggal 22 Mei 1997 tepatnya di Rumah Sakit daerah Jakarta saya lupa hehe. Kemudian hobi saya berolahraga seperti badminton, basket, dan jogging. Saya mempunyai cita-cita menjadi seorang atlit nasional tetapi tidak saya lanjutkan karena adanya sesuatu yang saya alami dahulu. Dan sekarang saya sudah masuk kuliah semester tua atau semester 5, yang sebentar lagi lulus aamin. 





Nama saya Luvi Adi Baskoro, biasa di panggil Luvi atau Adi. Saya dari SMA Negeri 9 semarang tetangganya SMA Negeri 4 semarang. Asal saya dari klaten tepatnya di weru tetapi saya besar di semarang sejak umur 1 tahun. Dan saya lahir pada tanggal 8 Mei 1997 di bidan desa. Kemudian hobi saya adalah berolahraga dan bermain game setiap harinya saya mungkin bisa memainkan 1-2 game. Dan cita-cita saya waktu kecil menjadi pemain sepak bola tetapi sama dengan teman-teman yang lainya yang gagal mencapainya akhirnya saya mempunyai cita-cita baru saat ini yaitu menaikhajikan orangtua saya aamin. Dan disini saya sebagai anggota kelompok.

No comments:

Post a Comment